Macam Olahan Telur Asin

Telur asin bakar 0838.3132.4892

Telur asin bakar 0838.3132.4892

Dinegara-negara maju, pemasaran telur tidak terbatas pada telur segar saja, tetapi juga dalam bentuk olahan. Di Indonesia sendiri, olahan telur itik yang sangat populer adalah telur asin. Dengan makin majunya berbagai industri di masa yang akan datang, bentuk olahan telur itik akan berkembang. Inilah contoh-contoh hasil olahan telur itik:

Telur beku merupakan telur segar yang sebelumnya diolah sehingga kesegarannya dapat dipertahankan selama satu tahun. Di Indonesia sendiri, produk olahan telur ini belum begitu popular seperti telur asin. Dalam pengolahan telur beku oertama-tama telur disterilkan selama 3-5 jam pada suhu 60°C. Selanjutnya telur dikocok sampai rata dan dibekukan pada suhu -17°C sampai -23°C. Kegunaan telur beku antara lain untuk industri rumah tangga (membuat kue) dan untuk industri makanan bayi.

Tepung telur adalah telur segar yang melalui proses pengolahan dibentuk menjadi kering. Biasanya tepung telur ada 3 jenis, yaitu tepung kuning telur. Tepung putih telur, dan campuran keduanya. Untuk membuat tepung telur, mula-mula putih telur san kuning telur dipisah. Setelah pemisahan, dilakukan penyaringan dan dilanjutkan dengan pendinginan pada suhu 4°C. Selanjutnya proses pengeringan dilakukan dengan menyemprot telur ke dalam mesin pengering bersuhu 110 °C hingga 170°C. Dengan cara ini, air akan menguap sehingga yang tersisa adalah tepung telur.

Telur Asin, pengasinan sebenarnya merupakan upaya pengawetan, tetapi memiliki nilai tambah dalam hal rasa.  Oleh karenanya, telur asin biasa disebut sebagai bentuk olahan telur utuh. Berikut ini beberapa  manfaat pengasinan telur itik:

  • Nilai gizi telur dapat dipertahankan dalam waktu yang relatif lebih lama.
  • Nilai jual telur dapat ditingkatkan.
  • Praktis dalam menghidangkan, yaitu dengan cara direbus, dioven, di panggang, dan di asap/dibakar.

2 thoughts on “Macam Olahan Telur Asin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>